Senin, 31 Desember 2012

Arsitektur Komputer


Arsitektur Komputer

Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
·         Prosesor (CPU), alat yang bekerja untuk mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output.
·         Penyimpanan sekunder, menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat sedang tidak digunakan.
·         Memori
·         Perangkat Input
·         Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

Peralatan Input
Keybord 
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat seperti layaknya mesin tik manual yang lebih lengkap.

Alat Penunjuk
·         Mouse, sebuah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
·         Trackball, perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
·         Touch screen, digunakan untuk memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lainnya.
·         Light pen, digunakan untuk menunjuk pada layar.
·         Unit remote control

Alat Input Otomatis Data Sumber
·         Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader) .
·         Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
ALat Input Pengenal Suara
Unit pengenal suara (speech recognition unit)

·         Mikropon
·         Automatic Speech Recognation (ASR)
·         Touchtone

Alat Input Video
Video Camera recorder atau Camrecorder

Alat Input Penerima Gerak
·         Headset
·         Glove
·         Walker

Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder

Penyimpanan Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :

Penyimpanan Sekunder
o   Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
o   Hard Disk : Removable dan Non removable
o   Floppy Disk
o   Piringan Optik : CD, DVD
o   USB Flash Disk
o   Smart Card
o   Kartu memori

Bentuk Penyimpanan Sekunder :

 RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
 ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
 Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

Peralatan Output

Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
§  Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
§  Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
§  Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
§  Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
§  Computer Output Microfilm (COM)

Software (Perangkat Lunak)
Software dibagi menjadi dua, yaitu :
Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakaicomputer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
* Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
1.     Menjadwalkan Tugas
2.    Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3.    Menjaga keamanan system
4.    Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5.    Menangani Interrupt
6.    Menyiapkan catatan pemakaian
* Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
* Penerjemah Bahasa Komputer
o   Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
o   Bahasa Generasi Kedua, Assembler
o   Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
o   Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji

Perangkat Lunak Aplikasi
1.     Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2.    Paket Jadi
Ada
 empat kelompok besar :
§  Paket Aplikasi Bisnis Umum.
§  Paket Aplikasi Khusus Industri
§  Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§  Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar